Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Dalam Melaksanakan Kegiatan Coaching

  • Raja Ritonga Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Rosni Harahap Universitas Graha Nusantara
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara
Keywords: Coaching, Sekolah Penggerak, Pengawas, Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka

Abstract

Peningkatan hasil belajar pada satuan pendidikan sangat erat kaitannya dengan strategi kepemimpinan seorang kepala sekolah. Namun pun demikian pengalaman kepemimpinan seorang kepala sekolah harus didukung oleh pendampingan intens dari pengawas sekolah. Dalam konteks Sekolah Penggerak, pengawas harus melakukan coaching secara intens kepada kepala sekolah. Dalam proses kegiatan coaching, seorang pengawas sekolah menggali setiap potensi yang dimiliki oleh satuan pendidikan selanjutnya mengarahkan kepala sekolah untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan mutu dan prestasi peserta didik. Jadi, pengabdian ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah penggerak untuk melakukan kegiatan coaching khususnya di Kabupaten Asahan. Metode yang digunakan adalah metode andragogy atau pembelajaran untuk orang dewasa dengan sejumlah tahapan pelaksanaan, mulai dari diri, eksplorasi konsep dan refleksi terbimbing. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pengawas sekolah telah mampu mendemonstrasikan sejumlah metode coaching yang terukur dan akurat. Selain itu, pengawas sekolah juga telah mampu melakukan kreasi dan inovasi dalam pengembangan metode coaching.

References

[1] R. Ritonga, R. Harahap, and R. Lubis, “Pelatihan Metode Refleksi Bagi Guru Sekolah Penggerak Dalam Proses Pembelajaran,” SELAPARANG. J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 2, pp. 995–1002, 2022, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8666/4636
[2] R. Ritonga, A. Hamid, A. M. Harahap, and R. Harahap, “PENGUATAN KOMPETENSI SOSIAL-EMOSIONAL BAGI KEPALA SEKOLAH,” SELAPARANG. J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 1, pp. 309–315, 2022.
[3] P. S. Penggerak, “Pengelolaan Dokumen Sumber Belajar Secara Berkesinambungan dan Berbagi Praktik Baik Melalui Cerita.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Jakarta, 2022.
[4] Kemendikbud RI, “Program Sekolah Penggerak 2021.” Kemendikbud, Jakarta, 2021. [Online]. Available: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Paparan-Program-Sekolah-Penggerak.pdf
[5] “Bahan Materi Penguatan Komite Pembelajaran.” Program Sekolah Penggerak, Jakarta, 2022.
[6] R. Ritonga, R. Harahap, and R. Adawiyah, “Pendampingan Guru Sekolah Penggerak Dalam Rangka Pendokumentasian Sumber Belajar,” J. Community Dedication Develompment, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2022.
[7] P. S. Penggerak, Modul Pendampingan Kelompok Rencana Moderasi Penguatan Komite Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2021.
[8] D. W. Irsyad Zamjani, Anindito Aditomo, Indah Pratiwi, Lukman Solihin, Ika Hijriani, Bakti Utama, Yogi Anggraena, Nisa Felicia, Saut Maria Simatupang, Feddy Djunaedi, Nya’ Zata Amani, Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.
[9] M. I. dan W. W. Irsan, Modul Kegiatan Coaching Kepala Sekolah oleh Pengawas Sekolah PSP. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2022.
Published
2023-03-27
How to Cite
Ritonga, R., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2023, March 27). Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Dalam Melaksanakan Kegiatan Coaching. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 01-12. https://doi.org/https://doi.org/10.55542/jppmi.v2i2.604