Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pada Puskesmas Pante Raya Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah

  • Hendri Syahputra Faculty of Informatics Engineering Gajah PutihUniversity
Keywords: Analysis, information systems, Puskesmas

Abstract

Analisis PerancanganSistem Informasi Pada Puskesmas Pante Raya Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah, untuk mendukung proses pengolahan data pelayanan pasien yang selama ini masih bersifat secara pencatatan konvensional dan adanya duplikasi data, sehingga membutuhkan banyak waktu dalam memproses pendataan tersebut. Disamping itu dengan pendataan yang kurang efisien, keamanan data tidak terjamin karena mudah hilang dan rusak. Sistem Informasi yang penulis rancang adalah Aplikasi perangkat lunak yang dilengkapi dengan Database sebagai pusat data dan menginput data, memproses dan mempercepat pembuatan laporan terdapat form-form yang dirancang sesuai dengan pengguna dan kebutuhan. Keunggulan sistem informasi tidak hanya pada kemudahan penggunanya tetapi juga terjaminnya keamanan data dan keakuratan data. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi ini dirancang dengan menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic6.0 dan sebagai databasenya yaitu Microsoft Acces 2003 dan Crystal Report sebagai Outputnya. Dengan menggunakan sistem informasi ini diharapkan akan mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi Pada Puskesmas Pante Raya Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah dalam sistem pelayanan Puskesmas tersebut, khususnya dalam hal data pasien Puskesmas, baik data dari kunjungan pasien pada pengguna jasa pelayanan kesehatan dari pasien yang datang setiap harinya. Adapun pendataan tersebut meliputi : Data jumlah kunjungan pasien, terdiri dari: tanggal, nama pasien, tempat lahir dan tanggal lahir, nama KK, Jenis kelamin, Pendidikan, Pekerjaan, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Alamat/Dusun dan lain-lain, serta cara bayar pengobatan

References

[1] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indoensia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
[2] W. W, Ariestya, Y. E, Praptiningsih, W. R Sulistyono “Analisi dan Perancangan Rekam Medis,” UG Jurnal Vol. 8 No. 05 , 2014.
[3] A. S, Wariyanti, A. Suryono, D Indarto “ Evaluation of the Management Information System at the Primary Health Care in the National Health Insurance Program in Surakarta.” Journal of Health Policy and Management vol. 1, no. 1, pp. 53-60, 2016.
[4] N. Hardinata, M. Hi. Muhammad “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Pada Puskesmas Kecamatan x,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2015.
[5] S. Wibisono, S Munawaroh“ Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpuskesmas) berbasis Cloud Computing,” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 17, No.2, pp. 141-146, Juli 2012.
[6] Gondodiputro S. Rekam Medis dan Sistem Informasi Kesehatan di Pelayanan Kesehatan Primer (Puskesmas). Bandung: Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. 2007.
[7] Raharjo. Buku Petunjuk Pengunaan Aplikasi Sistem Pelaporan Terpadu SIMPUS. Kulonprogo: Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo. 2003.
[8] Yunus M. Sistem Informasi Kesehatan Berbasis Web di Puskesmas Ciputat. Tesis. Bandung: S2 Teknik Elektro – ITB. 2004.
[9] Hutahaean, Jeperson. 2014. Konsep Sistem Informasi. Ed 1. Deepublish. Yogyakarta.
[10] Al Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Penerbit Andi.
[11] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269 Tahun 2008 tentang Rekam Medis. Diakses tanggal 1 Januari 2017.

[12] Seri Panduan Pemrograman: Microsoft Visual Basic 6.0. -. Andi . c: Yogyakarta , Madiun : PPKBM MADCOMS, 2002.
[13] Frieyadie , Mudah Belajar Pemrograman Database MySQL Dengan Microsoft Visual Basic 6.0 - - Andi. Yogyakarta, 2013.
[14] Imbar, R. V., & Kurniawan, Y “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Medis Rawat Jalan Poliklinik Kebidanan dan Kandungan pada RSUD Kota Batam,” Jurnal Sistem Informasi, (2015).
[15] Dharwiyanti, S., & Wahono, R. SPengantar Unified Modeling Language (UML). Ilmu Komputer.com, (2003).
[16] Herden, “Olaf Measuring Quality of Database Schemas by Reviewing – Concept, Criteria and Tool,” Oldenburg Research and Development Institute for Computer Science Tools and Systems (OFFIS), (2001)
Published
2020-07-01
How to Cite
Syahputra, H. (2020, July 1). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pada Puskesmas Pante Raya Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Biram Samtani Sains, 4(1), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.55542/jbss.v4i1.74
Section
Biram Samtani Sains