Prospek Pengembangan Usaha Alwa Kangen Water Di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah

  • Syahidin Syahidin Universitas Gajah Putih
  • Masri Ramadhan Universitas Gajah Putih
Keywords: Prospek Penjualan, Volume Penjualan, Trand Penjualan

Abstract

Usaha jasa air mineral banyak sudah beredar dikalangan masyarakat baik dalam kemasan botol maupun dalam kemasan galon salah satunya usaha kangen water didirikan untuk menjual produk air minum berupa air kesehatan yang banyak dikonsumsi oleh semua konsumen. Pada kesempatan ini penulis melakukan penelitian pada usaha alwa kangen water. Adapun Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah: Prospek Pengembangan Usaha Alwa Kangen Water di Bukit Kabupaten Bener Meriah. dan tujuan penelitian Untuk mengetahui Prospek Pengembangan Usaha Alwa Kangen Water Di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. sedangkan manfaat penelitian adalah Sebagai 1. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pengembangan wawasan berpikir serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan dibidang penjualan. 2. Masukan dan informasi akan strategi yang tepat dan dapat menerapkannya dalam kegiatan operasional sehari-hari untuk meningkatkan pelayanan kepada para konsumen Sebagai pedoman dalam merencanakan penjualan. Ruang lingkup penelitian menganalissi prospek penjualan air mineral pada suaha alwa kangen water. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Dokumentasi dan wawancara dan metode Analisis yang digunakan dengan Trand last Square Methode Y = a+bx dimana Y adalah Volume penjualan Alwa dan x serangkain bulan yang diprediksi dan b koefisien regresi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa Volume penjualan jasa air mineral oleh Alwa Kangen Water. usaha didirikan pada bulan Januari 2018 pada bulan Januari ini mampu menjual sebanyak 126 unit karena pada bulan ini usaha alwa Kangen water mulai berdiri dan masih melakukan promosi dan masih pada tahapan perkenalan selanjutnya pada bulan februari usaha alwa kangen water sudah menunjukan perkembangan yang baik yaitu sudah mampu menjual pada titik 200 unit ini menunjukan bahwa usaha alwa sudah berada pada tahapan pertumbuhan. Pada bulan Agustus s/d Desember tahun 2018 volume penjualan air mineral Alwa Kangen water sudah menunjukan bahwa usaha inin memiliki prospek dan trand yang baik serta mampu berkembang dengan signifikan positif. Dari 3 jenis produk kemasan Alwa Kangen water yang paling dominan adalah pada jenis galon 19 liter sebanyak 1.030 unit. Kenaikan volume penjualan jasa air mineral ini karena adanya keinginan dari masyarakat untuk melakukan perubahan gaya hidup sehat. Usaha jasa air mineral Alwa Kangen Water memiliki peluang yang sangat baik mengingat di Kecaatan Bukit belum ada usaha yang sejenis sehingga dapat di prediksi bahwa usaha air mineral alwa Kangen Water memiliki prospek yang baik dimasa yang akan datang.

References

Anoraga Fandji (2007) Manajemen Bisnis, Rineka Cipta, Jakarta.
Helfian, F (2007) Startegi konsep memenangkan perang Bisnis, Penerbit Media Pustkaa. Yogyakarta.
Arman H Nasution 2006. Manajemen Industri, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Assuari Syofyan (2007) Manajemen Pemasaran. Dasar Konsep Dan Strategi, PT RAJA. Grafindopersada: Jakarta.
Darsono 2008, Penganggaran Perusahaan, Edisi Pertama Penerbit Mitra Wcana Media Jakarta.
Grififin 2007 Manajemen dan Bisnis Edisi Keenam, Penerbit Raja Grafindo: Jakarta.
Ibrahim, Yacob 2009. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Penerbit Rineka. Cipta. Jakarta.
Jay Heizer dan Barry Render 2011; Manajement Operation. Edisi 7. PT. Salemba. Empat: Jakarta.
George R. Terry (2003) Prinsip-prinsip Management”. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Kotler dan Amstrong (2007) Manajemen Pemasaran; Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi Keenam. Jilid 2. Erlangga: Jakarta.
Kasmir, dan jakfar 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Pernerbit Kencana: Jakarta.
Krugman (2003) Teori Makroekonomi Edisi Kelima. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga: Mankiw, N. Gregory. Principles.
Lupiyoadi (2006) Manajemen Pemasaran Teori dan Praktek. Salemba Empat, Jakarta.
Maryati (2010) Manajemen Strategik. Penerbit Erlangga: Jakarta.
Munandar (2001) Budgeting: Perencanaan Kerja, Pengkoordinasian kerja, Pengawasan
Kerja. Yogyakarta: BPFE: Yogyakarta.
Narafin (2013) Penganggaran Perusahaan, Salemba EmpRudianto (2009) Pengantar Akuntansi. Jakarta: Erlangga.
Nurrachmi, I., Maharani, D., Syahidin, S., Maulana, W., Nurhayati, Y., Sugiarto, M., ... & Yusdita, E. E. (2021). KEWIRAUSAHAAN POLA PIKIR, PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN.
Robinson (2006 ) Manajemen Strategik, PT. Binarupa Aksara: Jakarta.
Rangkuti Fredy (2006) Analisa SWOT Teknik membedah kasus Bisnis, PT Gramedia Pustaka Umum: Jakarta.
Solihin (2006) Pengantar Manajemen, Penerbit Erlangga: Jakarta.
Suryatama (2008) Implementasi Sistem Manajemen Mutu Penerbit Yogyakarta.
Sunyoto (2013) Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta.
Sondy Damanik, (2014) Akuntansi Biaya.,Edisi kelima,Unit penerbit dan percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN: Yogyakarta.
Sutojo (2007) Manajemen Pemasaran, edisi kedua, Penerbit Damar Mulia Pustaka: Jakarta.
Syahidin, S. (2020). Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) Terhadap Kemiskinan di Kabupaten Aceh Tengah. Gajah Putih Journal of Economics Review, 2(1), 1-15.
Syahidin, S., & Erma, E. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Sere Wangi Di Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues. Gajah Putih Journal of Economics Review, 3(2), 76-88.
Syahidin, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran Cabai Merah Di Kecamatan Rusip Antara Kabupaten Aceh Tengah. Gajah Putih Journal of Economics Review, 3(2), 51-64.
Swastha. Basu (2006) Pengantar Bisnis Moderen (Pengantar Ekonomi Perusahaan modern). Liberty. Yogyakarta.
Umar (2005) Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis, PT. Raja Grapindo Persada: Jakarta.
Peter (2006) Pemasaran Ritel. PT.Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Pramono (2009) Manajemen Startegis penerbit PT Raja Grafindo: Jakarta.
Winardi 2009, Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Penerbit Rajawali Pers: Jakarta.
Wheelen dan Hunger, 2011 Manajemen strategis dan bisnis penerbit, Penerbit Erlangga: Jakarta.
Published
2022-05-07
How to Cite
Syahidin, S., & Ramadhan, M. (2022, May 7). Prospek Pengembangan Usaha Alwa Kangen Water Di Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 43-53. https://doi.org/https://doi.org/10.55542/gpjer.v4i1.211