in Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Good Governance dalam perspektif Pelayanan Publik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Analisis penelitian menggunakan metode kualitatif yang diawali dari konsep pelayanan public menurut berbagai ahli, kemudian analisis dilanjutkan dengan menganalisis konsep kualitas pelayanan dan konsep good governance dalam perspektif pelayanan publik. Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ciri good governance berdasarkan perspektif pelayanan public harus memenuhi empat unsur utama, yaitu 1) Akuntabilitas; adanya kewajiban bagi aparatur pemerintah untuk bertindak selaku penanggungjawab dan penanggung gugat atas segala tindakan dan kebijakan yang ditetapkannya; 2) Transparansi: kepemerintahan yang baik akan bersifat transparan terhadap rakyatnya, baik ditingkat pusat maupun daerah; dan 3) Keterbukaan: menghendaki terbukanya kesempatan bagi rakyat untukmengajukan tanggapan dan kritik terhadap pemerintah yang dinilainya tidak transparan. Aturan hukum; kepemerintahan yang baik mempunyai karakteristik berupa jaminan kepastian hukum dan rasa keadilan masyarakat terhadap setiap kebijakan publik yang ditempuh.
References
Andhika, L. R. (2018). Elemen dan Faktor Governansi Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah.Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan,6(03), 207-222.
Antoni, D., Herdiansyah, M. I., Akbar, M., & Sumitro, A. (2021). Pengembangan Infrastruktur Jaringan untuk Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Palembang.Jurnal Media Informatika Budidarma,5(4), 1652-1659.
Dewi, D. S., & Tobing, T. N.W. (2021). Optimalisasi Penyelenggaran Pelayanan Publikdalam Masa Perubahan Melawan Covid-19 di Indonesia.Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research,5(1), 210-214.
Dwiyanto, A. (2018).Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif dan Kolaborasi. UGM PRESS.
Hajar, S., Ali, K., & Saputra, A. (2021). Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Tata Kelola Pemerintahan Desa di Desa Pematang Johar.Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummanioramaniora,6(1), 136-142.
Hanafi, M. (2020). Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Efektivitas Content Website.Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi,17(2), 156-170.
Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. (2020). InovasiPelayanan Publik Suroboyo Bis di Kota Surabaya.JPSI (Journal of Public Sector Innovations),5(1), 23-30.
Herizal, H., Mukhrijal, M., & Wance, M. (2020). Pendekatan Akuntabilitas Pelayanan Publik dalam Mengikuti Perubahan Paradigma Baru Administrasi Publik.Journal of Governance and Social Policy,1(1), 24-34.I
slah, K. (2018). Peluang dan Tantangan Pemanfaatan Teknologi Big Data untuk Mengintegrasikan Pelayanan Publik Pemerintah.Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani,5(2), 130-138.
Laia, O., Halawa, O., & Lahagu, P. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen terhadap Pelayanan Publik.Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi,1(1), 70-76.
Muharam, R. S. (2019). Inovasi Pelayanan Publik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Kota Bandung.Decision: Jurnal Administrasi Publik,1(01), 39-47.
Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan Pelayanan Publik (Studi tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government di Pemerintah Kabupaten Sleman).Jurnal Komunikasi dan Kajian Media,2(1), 32-42.
Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., ... & Bahri, S. (2020).Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.
Ridwan, I. H. J., & Sudrajat, M. A. S. (2020).Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Nuansa Cendekia.
Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen Pelayanan Publik pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa barat.Coopetition,11(2), 325691.
Sari, M. E. P. (2018). Peran Pemerintahdalam Penyediaan Akses Pelayanan Publik.Jurnal Trias Politika,2(1), 1-12.
Tanjung, I. S., & Hajar, S. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik melalui Penerapan Model Total Quality Service (TQS) dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kecamatan Hamparan Perak.Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen,1(1).