in Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur

  • Ruslan Ramadhan Magister Administrasi Publik Universitas Malikussaleh

Abstract

Tujuan  penelitian ini  adalah  untuk  mengetahui konsep Good  Governance  dalam  perspektif Pelayanan  Publik.  Penelitian  ini  menggunakan  jenis  penelitian  kualitatif  dengan  pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Analisis penelitian menggunakan metode kualitatif yang diawali dari konsep pelayanan public menurut berbagai ahli, kemudian analisis dilanjutkan dengan menganalisis konsep kualitas pelayanan dan konsep good governance dalam perspektif pelayanan publik. Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka dapat disimpulkan   bahwa   ciri   good   governance   berdasarkan   perspektif   pelayanan   public   harus memenuhi empat unsur utama, yaitu 1) Akuntabilitas; adanya kewajiban bagi aparatur pemerintah untuk  bertindak  selaku  penanggungjawab  dan  penanggung  gugat  atas  segala  tindakan  dan kebijakan yang ditetapkannya; 2) Transparansi: kepemerintahan yang baik akan bersifat transparan terhadap  rakyatnya,  baik  ditingkat  pusat  maupun  daerah;  dan  3)  Keterbukaan:  menghendaki terbukanya kesempatan bagi rakyat untukmengajukan tanggapan dan kritik terhadap pemerintah yang   dinilainya   tidak   transparan. Aturan   hukum;  kepemerintahan   yang   baik   mempunyai karakteristik  berupa  jaminan  kepastian  hukum  dan  rasa  keadilan  masyarakat  terhadap  setiap kebijakan publik yang ditempuh.

References

Ali, K., & Saputra, A. (2020).Tata Kelola Pemerintahan Desa terhadap Peningkatan Pelayanan Publik di Desa Pematang Johar.Warta Dharmawangsa,14(4), 602-614.
Andhika, L. R. (2018). Elemen dan Faktor Governansi Inovasi Pelayanan Publik Pemerintah.Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan,6(03), 207-222.
Antoni, D., Herdiansyah, M. I., Akbar, M., & Sumitro, A. (2021). Pengembangan Infrastruktur Jaringan untuk Meningkatkan Pelayanan Publik di Kota Palembang.Jurnal Media Informatika Budidarma,5(4), 1652-1659.
Dewi, D. S., & Tobing, T. N.W. (2021). Optimalisasi Penyelenggaran Pelayanan Publikdalam Masa Perubahan Melawan Covid-19 di Indonesia.Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research,5(1), 210-214.
Dwiyanto, A. (2018).Manajemen Pelayanan Publik: Peduli Inklusif dan Kolaborasi. UGM PRESS.
Hajar, S., Ali, K., & Saputra, A. (2021). Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Tata Kelola Pemerintahan Desa di Desa Pematang Johar.Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummanioramaniora,6(1), 136-142.
Hanafi, M. (2020). Pelayanan Publik Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Efektivitas Content Website.Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi,17(2), 156-170.
Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. (2020). InovasiPelayanan Publik Suroboyo Bis di Kota Surabaya.JPSI (Journal of Public Sector Innovations),5(1), 23-30.
Herizal, H., Mukhrijal, M., & Wance, M. (2020). Pendekatan Akuntabilitas Pelayanan Publik dalam Mengikuti Perubahan Paradigma Baru Administrasi Publik.Journal of Governance and Social Policy,1(1), 24-34.I
slah, K. (2018). Peluang dan Tantangan Pemanfaatan Teknologi Big Data untuk Mengintegrasikan Pelayanan Publik Pemerintah.Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah untuk Mewujudkan Masyarakat Madani,5(2), 130-138.
Laia, O., Halawa, O., & Lahagu, P. (2022). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen terhadap Pelayanan Publik.Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi,1(1), 70-76.
Muharam, R. S. (2019). Inovasi Pelayanan Publik dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Kota Bandung.Decision: Jurnal Administrasi Publik,1(01), 39-47.
Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan Pelayanan Publik (Studi tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government di Pemerintah Kabupaten Sleman).Jurnal Komunikasi dan Kajian Media,2(1), 32-42.
Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., ... & Bahri, S. (2020).Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.
Ridwan, I. H. J., & Sudrajat, M. A. S. (2020).Hukum Administrasi Negara dan Kebijakan Pelayanan Publik. Nuansa Cendekia.
Ristiani, I. Y. (2020). Manajemen Pelayanan Publik pada Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa barat.Coopetition,11(2), 325691.
Sari, M. E. P. (2018). Peran Pemerintahdalam Penyediaan Akses Pelayanan Publik.Jurnal Trias Politika,2(1), 1-12.
Tanjung, I. S., & Hajar, S. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik melalui Penerapan Model Total Quality Service (TQS) dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Kecamatan Hamparan Perak.Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen,1(1).
Published
2024-03-21
How to Cite
Ramadhan, R. (2024, March 21). in Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Saraq Opat: Jurnal Administrasi Publik, 6(1), 55 - 67. https://doi.org/https://doi.org/10.55542/saraqopat.v6i1.328